Butuh Bantuan? Customer Service Plasasuntik siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Pola Makan Saat Puasa yang Tepat

Pola Makan Saat Puasa yang Tepat

Ditulis pada: 16 Mei 2019 | Kategori:

Puasa selama 14 jam sebenarnya tak lantas membuat tubuh lemas, sumber energi bisa tersimpan baik dalam tubuh dan menjaga tubuh tetap segar jika kita mengatur pola makan saat puasa dan memilih makanan dengan tepat. Setiap orang yang berpuasa dan tetap menjalankan aktivitas tinggi hendaknya mempunyai cadangan energi yang dibutuhkan tubuh.

Dr. Samuel Oetoro, SpGK seorang ahli gizi klinis mengatakan bahwa selama berpuasa kadar energi dalam tubuh rendah karena tidak ada asupan sumber energi berupa karbohidrat. Kunci agar tubuh tetap segar dengan menjaga kadar karbohidrat agar tetap stabil dan tidak menurun drastis, caranya dengan mengatur makan saat sahur dan berbuka puasa.

Pola Makan saat Sahur dan Berbuka Puasa

pola makan sehat berpuasa

Pola makan sahur

Saat sahur makanlah makanan lengkap dengan memperbanyak sayur dan buah serta air putih hingga waktu imsak dan hindari konsumsi gula. Perlu juga makanan yang mengandung sumber karbohidrat kompleks, protein dan lemak sehat. Mengonsumsi karbohidrat kompleks membuat penyerapan di saluran pencernaan lebih lambat sehingga tidak mudah lapar.

Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari nasi merah, kentang dengan kulitnya, atau roti gandum serta menghindari karbohidrat simpleks seperti tepung dan gula. Banyak mengkonsumsi gula seperti teh manis memang membuat kadar gula dalam tubuh naik, akan tetapi menjelang siang tubuh akan cepat menjadi lemas.
Menghindari konsumsi lemak jelek dan jenuh, termasuk di dalamnya gorengan karena membuat haus. Lebih baik mengonsumsi asupan protein yang didapat dari ikan atau ayam, serta hindari lemak dengan kolesterol tinggi seperti kuning telur, cumi, udang, dan jeroan.

Menjelang sahur kita perlu menambah asupan energi dari buah berserat tinggi seperti apel atau pir, buah bisa dimakan langsung atau dihaluskan dengan blender bersama kulitnya, agar penyerapan oleh tubuh berlangsung perlahan dan menstabilkan gula darah. Pola makan seperti ini akan membantu tubuh menstabilkan gula darah meski berpuasa. Gula darah cenderung turun akan tetapi tidak drastis dengan pilihan makanan yang tepat sehingga aktivitas sepanjang hari tidak terganggu karena cadangan energi membuat tubuh segar hingga waktu berbuka.

Pola makan berbuka

Kadar gula darah Semakin rendah saat tiba waktu berbuka puasa, maka segerakan untuk berbuka dengan yang manis. Makan dan minum yang manis saat berbuka sangat dianjurkan, namun Pilihlah makanan dan minuman sehat. Mengganti the manis dengan kolak atau jus buah agar gula darah naik dan tubuh kembali berenergi.

Pilihlah buah tanpa serat karena tubuh membutuhkan penyerapan yang cepat, yakni buah yang banyak kadar airnya seperti semangka, melon, atau jeruk. Setelahnya lanjutkan dengan makanan lengkap dengan porsi sama ketika sahur. Usai tarawih konsumsi buah dan sayur dengan karbohidrat kompleks. Jangan dihaluskan dengan Blender, tetapi dimakan langsung bersama kulitnya serta minum banyak air putih menjelang tidur.

Pola Makan Saat Puasa yang Tepat | Pemutih Badan

Tags:

Belum ada Komentar untuk Pola Makan Saat Puasa yang Tepat

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Blog Terbaru

Hal-Hal yang Menjadi Pantangan Setelah Suntik Putih

Pantangan Setelah Suntik Putih Ditulis pada: 11 November 2019

Suntik putih adalah salah satu tindakan medis yang seringkali dilakukan oleh masyarakat yang ingin mendapatkan kulit cerah. Selain itu, suntik putih juga dapat membantu tubuh supaya lebih bugar dan tidak cepat merasa lelah. Umumnya suntik putih mengandung vitamin c dosis... Baca selengkapnya »

Masalah Kulit Pada Usia Remaja

masalah kulit Ditulis pada: 17 Oktober 2019

Tentu dari pada kalian mengalami masalah kulit pada usia remaja, seperti kusam dan berjerawat. Baik kulit yang mudah kotor, kusam, maupun berjerawat sangat erat dengan kondisi kulit pada usia remaja. Di samping faktor keturunan, stress, kebiasaan atau gaya hidup, serta... Baca selengkapnya »

Menghilangkan Bulu Ketiak, Kaki secara Alami

menghilangkan bulu Ditulis pada: 2 Oktober 2019

Bulu bulu pada kaki, tangan, dan ketiak yang kasar biasa dimiliki kaum pria. Namun, bagaimana jika beberapa wanita juga memiliki kondisi demikian ? Mempunyai bulu bulu ketiak yang kasar, tentu saja akan membuat tidak nyaman bagi banyak wanita karena bukan... Baca selengkapnya »

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

bau badan Ditulis pada: 20 September 2019

Bau badan muncul, salah satunya dipicu oleh keringat yang berlebih. Akibatnya sering menurunkan rasa percaya diri. Beberapa pemicu munculnya bau badan adalah tingkat emosional tinggi, hormon yang seimbang, konsumsi makanan pedas, olahraga, kurang merawat kebersihan tubuh, dan stres. Untuk menghilangkan... Baca selengkapnya »

Faktor Pori-Pori Besar dan Mengatasinya

pori-pori besar Ditulis pada: 31 Agustus 2019

Apakah Anda mempunyai masalah pori-pori besar pada wajah ? dan Anda telah melakukan perawatan serta memakai produk untuk mengatasi pori-pori besar. Keluhan ini sangat sering terjadi hampir semua orang. Pori-pori besar sendiri sebenarnya adalah muara dari saluran kelenjar minyak dalam... Baca selengkapnya »