Butuh Bantuan? Customer Service Plasasuntik siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Pola Makan Saat Puasa yang Tepat

Pola Makan Saat Puasa yang Tepat

Ditulis pada: 16 Mei 2019 | Kategori:

Puasa selama 14 jam sebenarnya tak lantas membuat tubuh lemas, sumber energi bisa tersimpan baik dalam tubuh dan menjaga tubuh tetap segar jika kita mengatur pola makan saat puasa dan memilih makanan dengan tepat. Setiap orang yang berpuasa dan tetap menjalankan aktivitas tinggi hendaknya mempunyai cadangan energi yang dibutuhkan tubuh.

Dr. Samuel Oetoro, SpGK seorang ahli gizi klinis mengatakan bahwa selama berpuasa kadar energi dalam tubuh rendah karena tidak ada asupan sumber energi berupa karbohidrat. Kunci agar tubuh tetap segar dengan menjaga kadar karbohidrat agar tetap stabil dan tidak menurun drastis, caranya dengan mengatur makan saat sahur dan berbuka puasa.

Pola Makan saat Sahur dan Berbuka Puasa

pola makan sehat berpuasa

Pola makan sahur

Saat sahur makanlah makanan lengkap dengan memperbanyak sayur dan buah serta air putih hingga waktu imsak dan hindari konsumsi gula. Perlu juga makanan yang mengandung sumber karbohidrat kompleks, protein dan lemak sehat. Mengonsumsi karbohidrat kompleks membuat penyerapan di saluran pencernaan lebih lambat sehingga tidak mudah lapar.

Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari nasi merah, kentang dengan kulitnya, atau roti gandum serta menghindari karbohidrat simpleks seperti tepung dan gula. Banyak mengkonsumsi gula seperti teh manis memang membuat kadar gula dalam tubuh naik, akan tetapi menjelang siang tubuh akan cepat menjadi lemas.
Menghindari konsumsi lemak jelek dan jenuh, termasuk di dalamnya gorengan karena membuat haus. Lebih baik mengonsumsi asupan protein yang didapat dari ikan atau ayam, serta hindari lemak dengan kolesterol tinggi seperti kuning telur, cumi, udang, dan jeroan.

Menjelang sahur kita perlu menambah asupan energi dari buah berserat tinggi seperti apel atau pir, buah bisa dimakan langsung atau dihaluskan dengan blender bersama kulitnya, agar penyerapan oleh tubuh berlangsung perlahan dan menstabilkan gula darah. Pola makan seperti ini akan membantu tubuh menstabilkan gula darah meski berpuasa. Gula darah cenderung turun akan tetapi tidak drastis dengan pilihan makanan yang tepat sehingga aktivitas sepanjang hari tidak terganggu karena cadangan energi membuat tubuh segar hingga waktu berbuka.

Pola makan berbuka

Kadar gula darah Semakin rendah saat tiba waktu berbuka puasa, maka segerakan untuk berbuka dengan yang manis. Makan dan minum yang manis saat berbuka sangat dianjurkan, namun Pilihlah makanan dan minuman sehat. Mengganti the manis dengan kolak atau jus buah agar gula darah naik dan tubuh kembali berenergi.

Pilihlah buah tanpa serat karena tubuh membutuhkan penyerapan yang cepat, yakni buah yang banyak kadar airnya seperti semangka, melon, atau jeruk. Setelahnya lanjutkan dengan makanan lengkap dengan porsi sama ketika sahur. Usai tarawih konsumsi buah dan sayur dengan karbohidrat kompleks. Jangan dihaluskan dengan Blender, tetapi dimakan langsung bersama kulitnya serta minum banyak air putih menjelang tidur.

Pola Makan Saat Puasa yang Tepat | Pemutih Badan

Tags:

Belum ada Komentar untuk Pola Makan Saat Puasa yang Tepat

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Blog Terbaru

Eksim Penyebab dan Penyembuhannya

eksim Ditulis pada: 16 Agustus 2019

Eksim dikenal oleh kebanyakan masyarakat sebagai gambaran dari penyakit gatal gatal dan kemerahan di kulit. Biasanya sekali digaruk akan semakin mengundang untuk digaruk dan digaruk terus, dan biasanya baru berhenti jika sudah terjadi lecet atau luka. Penyebab Penyakit Kulit Ini... Baca selengkapnya »

Filler Hidung yang Aman Demi Kecantikan

filler yang aman Ditulis pada: 11 Agustus 2019

Seiring dengan makin banyaknya tuntutan dan keinginan ibu-ibu untuk selalu tampil muda, cantik dan memiliki hidung mancung, kini semakin banyak perawatan kulit yang bertujuan untuk memperbaiki bentuk wajah, termasuk untuk menghilangkan keriput dan memancungkan hidung. Ada yang melalui tindakan operasi... Baca selengkapnya »

Glutax 2000Gs Original Masih Menjadi Primadona

glutax 2000gs Ditulis pada: 7 Agustus 2019

Glutax 2000gs original merupakan suntik putih yang tetap menjadi produk best seller hingga saat ini, produk ini diluncurkan sejak tahun 2015, namun hingga saat ini masih tetap bertahan dan masih banyak peminat. Tidak seperti produk pemutih lainnya yang diproduksi sebelum... Baca selengkapnya »

Penyebab dan Mengatasi Kulit Kering

jenis kulit kering Ditulis pada: 5 Agustus 2019

Keadaan kulit lembab, normal atau kering, dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama faktor genetik dan lingkungan. Normalnya kulit mampu mempertahankan kelembabannya sendiri untuk menunjang fungsinya sebagai salah satu pertahanan tubuh. Tetapi dalam keadaan tertentu, misalnya pada penyakit kulit tertentu, kulit dapat... Baca selengkapnya »

Bahan Kosmetik Bahaya bagi Ibu Hamil

bahan kosmetik bahaya Ditulis pada: 3 Agustus 2019

Pada saat anda hamil, pastinya donk ingin tetap tampil cantik dengan memakai produk yang sehari hari anda gunakan. Namun sebelum anda melanjutkan perawatan rutinitas untuk kulitmu, sebaiknya cari tahu produk yang anda gunakan tersebut, pastikan kandungannya aman dan terbebas dari... Baca selengkapnya »