Butuh Bantuan? Customer Service Plasasuntik siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Mengatasi Wajah Kemerahan dan Penyebabnya

Mengatasi Wajah Kemerahan dan Penyebabnya

Ditulis pada: 3 Juli 2019 | Kategori:

Wajah Kemerahan (facial redness), dalam ilmu kesehatan kulit dapat diketahui dan dijumpai pada beberapa kondisi dan kelainan kulit, diantaranya rosacea, physiologic flushing, telangiectasia (kelainan pada dinding pembuluh darah), eczema (Eksim kulit), Dermatitis seboroik, Psoriasis, dermatitis kontak, lupus dan sebagainya. Semua keadaan ini yang terjadi adalah suatu rangkaian proses inflamasi (aktivasi sistem imun kulit), yang mengakibatkan pelebaran pembuluh darah dan terkonsentrasinya sel-sel darah pada kulit.

wajah merah

Penyebab Facial Redness

Keadaan kulit wajah yang mudah merah ini tentunya dapat ditanggulangi dengan memerhatikan penyebab munculnya wajah kemerahan ini. Selain diperlukan pemeriksaan, beberapa hal perlu dipertanyakan untuk menerangkan lebih jelas seperti : pada keadaan bagaimana wajah kemerahan ini muncul ? adakah hal-hal tertentu yang memperparah wajah kemerahan yang terjadi; sinar matahari, misalnya. Adakah keluhan lain yang menyertai, seperti gatal, kulit bersisik, ketombe, rasa panas, dan sebagainya. Kemudian, adakah anggota keluarga yang memiliki keluhan yang sama ? pernahkah menggunakan produk kosmetik tertentu ? punya riwayat alergi sebelumnya ? Pada hampir semua keadaan wajah kemerahan di atas, umumnya memang dapat dikatakan ‘tidak tahan’ terhadap sinar matahari.

Mengingat sinar ultraviolet mampu menimbulkan respons inflamasi pada kulit dengan derajat yang bervariasi dari ringan sampai berat, maka dapat dipahami jika sinar matahari (radiasi sinar ultraviolet) dapat sebagai faktor pemicu maupun faktor yang memperberat keluhan wajah kemerahan. Sehingga seringkali pasien tersebut disarankan sedapat mungkin menghindari paparan sinar matahari langsung (apalagi dalam waktu yang cukup lama), di samping memakai pelindung atau tabir surya yang sesuai.

Produk yang bisa mengatasinya

Ada beberapa produk kosmetik yang dapat digunakan untuk mengurangi keluhan wajah kemerahan ini. Produk ini biasanya mengandung bahan-bahan anti-inflamasi atau barrier enchancers (penunjang fungsi barrier atau pertahanan kulit). Dijumpai umumnya sebagai pelembab, dengan kandungan bahan-bahan antara lain : aloe vera, bisabolol, alantoin, panthenol, tea tree oil, evening primrose, green tea, dan sebagainya.

aloe vera

Untuk kamu disarankan lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit, karena salah pilih produk dapat menimbulkan masalah baru atau memperparah keadaan kulit, seperti yang dialami wajah kemerahan sekarang. Misalnya, pilih pembersih kulit deterjen sintetik yang ringan (mild liquid cleanser) yang mudah dibersihkan dengan label untuk kulit sensitive. Sementara, penyegar atau toner maupun astringent pemakaiannya tidak dianjurkan.

Untuk pelembab, pilihlah yang berbentuk krim daripada lotion, dengan bahan dasar petrolatum, dimethicone, dan dengan kadar glycerine minimal, untuk lebih menjaga hidrasi atau kadar air kulit. Hindari pelembab yang mengandung propylene glycol, glycolic acid, salicylic acid, serta pewangi yang kuat. Jangan lupa untuk memakai tabir surya (sunblock) dengan benar. Hindari yang berbentuk gel, produk water resistant (tahan air), dan sunblock SPF tinggi yang lengket. Tabir surya fisik (zinc oxide, titanium dioxide) lebih baik dibandingkan tabir surya kimia.

Baca Lebih Lanjut : Kiat Jitu Memilih Sunblock

Mengatasi Wajah Kemerahan dan Penyebabnya | Pemutih Badan

Tags: kosmetik kulit sensitif, mengatasi wajah merah, penyebab wajah merah, perawatan kulit sensitif, wajah merah

Belum ada Komentar untuk Mengatasi Wajah Kemerahan dan Penyebabnya

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Blog Terbaru

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

bau badan Ditulis pada: 20 September 2019

Bau badan muncul, salah satunya dipicu oleh keringat yang berlebih. Akibatnya sering menurunkan rasa percaya diri. Beberapa pemicu munculnya bau badan adalah tingkat emosional tinggi, hormon yang seimbang, konsumsi makanan pedas, olahraga, kurang merawat kebersihan tubuh, dan stres. Untuk menghilangkan... Baca selengkapnya »

Faktor Pori-Pori Besar dan Mengatasinya

pori-pori besar Ditulis pada: 31 Agustus 2019

Apakah Anda mempunyai masalah pori-pori besar pada wajah ? dan Anda telah melakukan perawatan serta memakai produk untuk mengatasi pori-pori besar. Keluhan ini sangat sering terjadi hampir semua orang. Pori-pori besar sendiri sebenarnya adalah muara dari saluran kelenjar minyak dalam... Baca selengkapnya »

Eksim Penyebab dan Penyembuhannya

eksim Ditulis pada: 16 Agustus 2019

Eksim dikenal oleh kebanyakan masyarakat sebagai gambaran dari penyakit gatal gatal dan kemerahan di kulit. Biasanya sekali digaruk akan semakin mengundang untuk digaruk dan digaruk terus, dan biasanya baru berhenti jika sudah terjadi lecet atau luka. Penyebab Penyakit Kulit Ini... Baca selengkapnya »

Filler Hidung yang Aman Demi Kecantikan

filler yang aman Ditulis pada: 11 Agustus 2019

Seiring dengan makin banyaknya tuntutan dan keinginan ibu-ibu untuk selalu tampil muda, cantik dan memiliki hidung mancung, kini semakin banyak perawatan kulit yang bertujuan untuk memperbaiki bentuk wajah, termasuk untuk menghilangkan keriput dan memancungkan hidung. Ada yang melalui tindakan operasi... Baca selengkapnya »

Glutax 2000Gs Original Masih Menjadi Primadona

glutax 2000gs Ditulis pada: 7 Agustus 2019

Glutax 2000gs original merupakan suntik putih yang tetap menjadi produk best seller hingga saat ini, produk ini diluncurkan sejak tahun 2015, namun hingga saat ini masih tetap bertahan dan masih banyak peminat. Tidak seperti produk pemutih lainnya yang diproduksi sebelum... Baca selengkapnya »